AIDS di Bandar Lampung: Kampanye Program Kondom Salah Sasaran

AIDS di Bandar Lampung: Kampanye Program Kondom Salah Sasaran: "Penolakan besar-besaran terhadap sosialisasi kondom sebagai alat untuk menekan risiko penularan HIV pada hubungan seksual berisiko, al. yang dilakukan dengan pekerja seks komersial (PSK) mendorong penyebaran HIV di masyarakat. Kasus-kasus HIV/AIDS yang terdeteksi pada ibu-ibu rumah tangga menjadi bukti ada laki-laki beristri yang tidak memakai kondom pada hubungan seksual dengan perempuan selain istrinya.

Anggapan yang selama ini menyebutkan bahwa sosialisasi kondom akan mendorong laki-laki melacur ternyata tidak terbutki. Yang terjadi justru sebaliknya. Laki-laki ’hidung belang’ enggan memakai kondom pada hubungan seksual berisiko, terutama dengan PSK.

Upaya pemberdayaan PSK agar bisa menolak laki-laki ’hidung belang’ yang enggan memakai kondom tidak berhasil karena posisi tawar PSK sangat rendah. Hal ini diakui oleh aktivis penanggulangan HIV, M. Seila, 32, di sebuah lokalisasi pelacuran di Bandarlampung: “PSK tidak dapat berbuat apa-apa kalau konsumen enggan memakai kondom, jadi harus ada tekanan dari mucikari kepada tamu.” (Kondom Belum Populer di Lokalisasi Bandarlampung, ANTARA News, 3/6-2011)."

No comments:

Post a Comment