Antisipasi Proyek Besar PLN Beli Listrik 305 MW - KOMPAS.com

Antisipasi Proyek Besar PLN Beli Listrik 305 MW - KOMPAS.com: "Balikpapan, Kompas - Kebutuhan listrik di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang diperkirakan melonjak pada tahun 2013, seiring dibukanya beberapa proyek besar seperti perluasan bandara dan Kawasan Industri Kariangau, membuat PLN menyewa dan membeli listrik sekitar 305 MW dari pihak ketiga.

Menurut Ismail Deu, Kepala Cabang PLN Balikpapan, Minggu (12/2), tambahan daya itu rinciannya adalah 24 MW diperoleh dari menyewa genset dari salah satu perusahaan di Balikpapan.

Tambahan daya juga dari pembelian listrik 2 x 41 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Senipah di Kabupaten Kutai Kartanegara serta kerja sama dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kaltim untuk mendapat 2 x 100 MW.

Beban puncak jaringan listrik di Sistem Mahakam yang mencakup Kota Balikpapan, Kota Samarinda, dan Kabupaten Kutai Kartanegara mencapai 256 MW, sedangkan kapasitasnya 271 MW. ”Tidak pernah pemakaian listrik overkapasitas. Namun mulai tahun depan, beban listrik semakin besar,” ucap Ismail."

'via Blog this'

No comments:

Post a Comment